Selasa, 30 Desember 2008

Refleksi Persahabatan

Persahabatan bagai kepompong
mengubah ulat menjadi kupu-kupu
Persahabatan bagai kepompong
hal yang tak mudah berubah jadi indah
Persahabatan bagai kepompong
maklumi teman hadapi perbedaan
Persahabatan bagai kepompong
na na na na na..

(sindentozca)

Refleksi persahbatan yang kudapat dari blog temanku yang mengajarkanku tentang memelihara persahabatan. Persahbatan adalah memaklumi teman hadapi perbedaan. Sahabat bukan yang harus kita miliki, dan bukan harus mengikuti apa mau kita, sahabat adalah manusia yang mempunyai tujuan kepentingan dan kehidupan sendiri, sahabat tak selalu ada tetapi tetap bersinar dihati seperti bintang bersinar dikegelapan, sahbat seperti wanrna pelangi tujuh warna yang mempunyai satu warna dasar putih, tulus dan ikhlas.sahabat pasti akan pergi perlahan menigglkan kenagan dengan warna indah didalam ingatan kita . Bagaikan kepompong yang akan berubah menjadi kupu-kupu yang meninggalkan dahan dan daun tempatnya berada sewaktu menjadi kepompong dan akan kembali lagi kedaun tempatnya dulu secara berkala.

300e35b19b449a00Mempunyai satu sahabat sejati lebih berharga dibanding dari seribu teman yang memntingkan diri sendiri.(apa lagi mempunyai lebih dari 7 sahbat sejati, ya kan?)

Apa yang kita alami demi teman kadang mejengkelkan dan melelahkan Tetapi itulah yang membuat  nilai persahabtan lebih indah.

persahabatan sering menyuguhkan banyak cobaan, tetapi persahabatn sejati bisa mengatasi cobaan itu bahkan tumbuh bersama karenanya

persahabatan tidak terjadi seketika tidak terjalin secara  otomatis, persahabatan terjadi membutuhkan proses yang panjang seperti besi menajamkan besi, seperti kempompong yang berubah menjadi kupu-kupu demikianlah sahabat menjamkan sahabatnya dan membuat menjadi indah.

persahabatan mempunyai warna karena diwarnai pengalaman ada suka ada duka, dihibur-disakiti,diperhatikan-dikecewakan, didengar-diabaikan,dibantu-ditolak, namun semua iini tidak disengaja diwarnai untuk saling membenci dan menjatuhkan.

seorang sahabat tidak akan menyembunyikan kekesalan dan kesdalahan untuk menghindari pertikaian, tetapi karena kasih dan sayangnya sahabat akan mengur apa adanya. Sahbat tidak pernah membungkus pukulan dengan ciuman, tetapi sahabat akan menyatakan apa yang amat  menyakitkan DENGAN TUJUAN AGAR SAHABATNYA  MAU BERUBAH.

Proses dari teman menjadi sahabat diperlukan usaha pemeliharaan dari kesetiaan, tetapi bukan saat kita membutuhkan sesuatu barulah kita termotivasi untuk memberi  dan mencari perhatian, pertolongan  dan pernyataan kasih dari orang lain,tetapi justru ia berinisiatif memberikan dan mewujudkan apapun yan dibutuhkan oelh sahabatnya.

Kerinduannya adalah menjadi bagian dari kehidupan sahabatnya, karena tidak ada persahabatan yang diawali dengan sikap egoistis. Semua orang pasti membutuhkan sahabat sejati, namun tidak semua orang berhasil mendapatkannya. Banyak pula orang yang telah menikmati indahnya persahabatan, namun ada juga yang begitu hancur karena dikhianati sahabatnya.

Ingatlah kapan terakhir kali kamu berada dalam kesulitan. Siapa yang berada di samping kamu ?? Siapa yang mengasihi kamu saat kamu merasa tidak dicintai ?? Siapa yang ingin bersama kamu saat kamu tak bisa memberikan apa-apa ??

MEREKALAH SAHABATMU

Hargai dan peliharalah selalu persahabatanmu

Sahabat; adalah org yg dekat dgn kita selain keluarga kita. Dan biasanya kpd sahabat, kita menaruh rasa percaya dan perhatian yg teramat besar.Sahabat; sering kita anggap sbg pihak yg hrs kita miliki, sehingga mau kita bhw sahabat melakukan semuanya demi “aku” dan berdasar “kehendakku”.Pdhal,sahabat jg seorg manusia seperti aku, yg mempunyai rasa,kepentingan & tujuan sendiri yg harus dipenuhi/dicapai.Salah satu sikap yg hrs dijaga dalam memiliki “sahabat” adalah menyadari bahwa “dia” juga seperti aku, yg mempunyai tujuan hidupnya sendiri, yg harus dicapainya sendiri, tanpa hrs bergantung kepada siapapun, termasuk “aku”…..

Sahabatku sekarang kita berjauh-jauhan karena ada sesuatu, disaataku terbayang kebersamaan kita, kejengkelan kita satu sama lain menyungginggakn senyum, tawa dan tangis diwajahku, Jarak ruang dan waktu  yang membuat kita tidak tahu kabar apa yang terjadi diantara kita, tapi aku selalu rindu tentang kabar kalian. Sahabat, persahabatan kita membuat warna disetiap hitungan waktu umur yang kujalani bersama kalian. aku terus menggu kabar darimu, seberapa benci dan kecewanya kalian padaku dan seberpa usahamu untuk melupakanku aku akan tetap berkata " KAMU, KALIAN ADALAH SAHABATKU"

*disaat menulis ini aku ditemani putaran Film Catatan Akhir Sekolah.

Tidak ada komentar: