Kamis, 15 Januari 2009

Orang yang tidak bersyukur itu adalah aku

Ketika panas datang aku berkata " Uhh panasnya, coba hujan pasti enak"

Ketika hujan datang aku berkata  " yaaa hujan, banjir mulu, kapan sich panasnya"

pernah suatu saat aku berjalan berdua dengan kak kurniawan disuatu sore yang indah diwarnai dengan siluet senja.  "kak capek nech jalan mulu, kita duduk yuk..." ucapku saat itu , kak kurniawan langsung menuju tempat duduk yang berada disisi-sisi pantai. Hanya kebisuan yang ada saat itu sambil menatap indahnya senja sore saat itu, "dek iya.." penggalan namaku yang diberikannya padaku :). pasti ada yang serius yang akan dibicarakannya padaku sangkaku dalam hati, "hmm" sahutku. "kamu tau dek, allah sangat murka kepada orang yang tidak mensyukuri nikmatnya, iya tau akan hal itu kan?", aku hanya mengangguk saja saat itu, " akhir-akhir ini aku sering kali mendengar keluhan-keluhan darmu dek, aduh kak hari ini panas banget, dah gitu yang baru aja, kalau kita naik kendaraan kamu bilang, kak pasti enak ya kalau kita jalan sambil nikmatin idahnya sore, sekarang kamu kecapekkan, kakak tau kamu capek, tapi akhir-akhir ini iya banyak banget ngeluh, dan sifat iya yang cerewet semakin nampak" aku hanya terdiam mendengarnya.

aku simak semua yang keluar dari hatinnya melalui mulutnya, aku telaah setiap kata demikatanya, bukan dia saja yang mengkritikku seperti itu orang tuaku, saat itu kami sedang makan di tempat favorit keluarga kami, aku sudah menerima pesananku segelas jeruk hangat, " ini bukan jeruk hangat tapi jeruk panas, gimana mau minumnya" dan kemudian datang makananku "kok makin lama makin dikit neh, biasanya takarannya gak segini". "ih cerewet banget anak ini, syukuri semua yang udah dipesan untung masih bisa mesan makanan dari pada kau disuruh masak makanan itu" mamak sambil memandang tajam diriku.

aku makin menyadari betapa banyak hal yang tidak kusyukuri dari semua allah berikan padaku.

KELUHAN, MENGELUH yang membuat kita tak mensyukuri semua nikmat yang allah berikan, hanya satu cara untuk menghilangkan semua ini, berbaik sangka untuk semua kejadian yang allah berikan kepada kita.

Aku minta pada Allah bunga segar, Aku diberi kaktus berduri..

Aku minta pada Allah binatang mungil, aku diberi ulat bulu..

Aku sedih, aku protes, dan aku kecewa ini tidak adil kataku

Tapi, tapi lihat kaktus itu berbunga indah

dan ulatpun berubah menjadi kupu-kupu cantik

itulah jalan alllah indah pada waktunya.

Allah tidak memberikan apa yang kita harapkan, tapi Allah memebrikan apa yang kita perlukan

kadang kita sedih dan kecewa tapi sesungguhnya Allah sedang merajut yang terbaik untuk kita.

 

Saat iya terdiam mengingat kata yang terulang tadi malam

dan kejadian yang terulang tadi pagi.

bantu iya untuk menjadi lebih baik.

Tidak ada komentar: