Senin, 12 Januari 2009

Julukan Dari Abil

DSC00329Tanggal 3 Januari kemarin adalah Hari Amal Bakti Departement Agama, otomatis di Tempat mengajar Kak Lili diselenggarakan acara, Abil ikut Uminya (kak Lili) aku kebagian untuk mengantar mereka. Siang hari Umi Abil nelfon minta jemput karena acara disekolah sudah selesai.

Begitu aku masuk halaman sekolah belum lagi motor terparkir dengan rapi, Abil sudah menyongsongku dengan berlari, lompat-lompat kecil ah pokoknya semua cabang Atletik dipragakannya sambil berteriak "Bunda...Bunda...".

Abil : Unda... lama kali. gak angkat telpon tadi (sambil manyun)

Bunda : iya bunda dijalan gak bisa angkat telpon.. ,

Aku mendengar semua teman-teman uminya yang mau pulang selalu menyapa abil dan mencium pipinya, tak ayal lagi senyum sok terkenalnyapun terlukis dibibirnya berasa jadi bintang dia.

Seorang bapak guru, kata kak lili beliau itu guru olah raga, eh ternyata si abil punya panggilan lain untuk sibapak.

Bunda : Abil itu siapa? kok cium-cium abil, abil gak takut liat kumisnya?

Abil : Uak, ndak

Bunda : Uak apa?

Abil : Uang tukang macak.

he....??? Tukang masak? ternyata beliau tadi bantuin Bakarin ayam, untuk hidangan acara. Dasar Abil ada-ada aja. Pernah lagi suatu kesempatan, Sonya temanku datang kerumah sambil bawa Dunkin Donuts dan diketahui abil. Ketia Abl dan Nuyung buka-buka Folder Hpku di foto langsung dia bilang "tante...Tante kue." saat itu yang dilihatnya foto sonya, "Tante apa bil?" "Tante kue", (maaf ya sonya) halahhhh nama orang bagus-bagus kok diganti-ganti.  Akan aku ingat, jangan samapi kawan ku yang lain membawakannya boneka monyet, nanti bakalan diberi julukan  "Tante/Om Monyet "  kkekekekekekk..

Abil akan memberikan julukan kepada setiap orang yang baru dikenalnya, dan julukannya diambil bila berbekas di ingatannya. Seperti Tobangnya (uyut)  dari sebelah mamak, tobangnya pernah kesakitan karena sakit asam uratnya di kaki , opung mengaduh "lailla haillalah aduh.. aduh bi.. aduh..bi.." (bi, penggalan nama mamak) dan tak ayal lagi abil memanggilnya Tobang adu bi adu bi, dan untuk Tobang sbelah abah dia memanggil "Tobang Namboru"  karena mamak manggil ibu mertuanya Namboru.

Tidak ada komentar: